Colorcon Asia-Pasifik dan Mensa gandeng STIFAR guna kembangkan teknologi coating farmasi di Indonesia

Semarang – Senin, 26 Juli 2018 merupakan hari yang bersejarah untuk Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) “Yayasan Pharmasi” Semarang. Kampus farmasi yang telah 17 tahun berdiri ini kedatangan tamu internasional dari Colorcon Asia-Pacific Singapura dan PT. Menjangan Sakti guna meresmikan laboratorium teknis baru hasil kerjasama antara ketiga belah pihak. Pengadaan laboratorium ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan demo film coating trial skala kecil untuk customer manufacturing Mensa, yang ada di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Colorcon sendiri merupakan perusahaan internasional asal negeri paman Sam yang berfokus pada bidang pengembangan dan distribusi material farmasi untuk keperluan industri farmasi khususnya dalam hal coating tablet, teknologi tablet lepas tertunda, dan layanan desain tablet. Sementara itu, PT. Menjangan Sakti atau yang lebih dikenal dengan Mensa merupakan perusahaan penyedia bahan aktif maupun bahan pembantu untuk industri farmasi, makanan, kosmetik, dan kimia di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh perwakilan institusi kolega STIFAR dan Yayasan Pharmasi yaitu Ichsan Hidayat, SH, Drs. Andaka Wirawan, M.Si., Apt., Dr. Maria Caecilia Nanny Setiawati, M.Sc., Apt., Emmy Setiawati, S.Pd.

Shanon Kelly, direktur pelaksana Colorcon North-East Southeast Asia (NESEA), menyatakan dalam sambutannya, “Momentum ini adalah sebuah langkah awal baru yang tepat. Dimana kita, red. Colorcon, bisa menyentuh target market kita, seperti diketahui, telah tersebar di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kerjasama ini juga bersifat saling menguntungkan bagi semua pihak karena dunia industri dan akademik dapat saling bekerjasama dan bahu-membahu untuk mengembangkan teknologi coating di Indonesia”. Indonesia merupakan negara yang diperhitungkan dalam peta industri farmasi global mengingat jumlah industri farmasi yang banyak serta pangsa pasar yang besar. Lebih dari itu, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dapat meningkatkan daya saing negara ini khususnya dalam hal pengembangan dan penelitian produk-produk farmasi berbasis herbal.

Hal senada juga disampaikan oleh pihak Mensa, Andreas Halim, Chief of Operating Officer PT. Menjangan Sakti dalam sambutannya yang menekankan pentingnya kerjasama antara dunia industri dan akademik guna mewujudkan hasil-hasil penelitian yang berkualitas berdasarkan masalah dan tantangan lokal yang ada. Lebih lanjut, Drs. Hananta Budianto Akt, CA, CPA, CPI, MH, selaku Pengawas Yayasan Pharmasi STIFAR juga menggarisbawahi hal yang sama serta mengharapkan agar kerjasama ini dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan. Acara peresmian kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh perwakilan pihak Colorcon, STIFAR dan Mensa.

Pada kesempatan ini, digelar juga kuliah tamu yang dibawakan langsung oleh Glenn Russel, direktur teknis Colorcon Asia-Pasifik. Glenn mempresentasikan tentang pengembangan terbaru dibidang coating produk farmasi yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa yang dengan antusias menyimak materi kuliah dengan seksama dan interaktif. Hal ini tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa mengingat teknologi farmasi telah berkembang dengan pesat baik secara nasional maupun global. Acara peresmian kemudian ditutup oleh Dr. Endang Dyah, M.Sc., Apt. selaku ketua STIFAR yang menyampaikan terima kasih atas kesediaan para tamu untuk berkunjung dan bekerjasama dengan STIFAR Yayasan Pharmasi.

Perlu diketahui bahwa laboratorium demonstrasi Colorcon yang berada di lingkungan STIFAR-Semarang ini merupakan yang kedua di Indonesia dan yang pertama sebagai bentuk kerjasama dengan institusi perguruan tinggi. Secara global, Colorcon sebelumnya telah memiliki beberapa laboratorium demonstrasi yang menggandeng universitas/insitusi pendidikan di wilayah Asia-Pasifik. Hal ini tentunya sangat positif untuk STIFAR dalam mewakili Indonesia guna mewujudkan visi sebagai perguruan tinggi farmasi yang unggul secara nasional serta berdaya saing internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *