SINAFA (Seminar Nasional Farmasi dan Pelatihan STIFAR) 2018

SINAFA (Seminar Nasional Farmasi dan Pelatihan STIFAR) 2018

“Nanotechnology in Skin Cosmetics”

 

Telah terlaksana kegiataan SINAFA 2018 yang mengangkat tema “Nanotechnology in Skin Cosmetics” dan berlangsung di Merapi Hall Hotel Grasia Semarang pada tanggal 4 Agustus 2018.  Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Dies Natalis Yayasan Pharmasi ke-65 yaitu Bapak H. Anang Budi Utomo, SMn., M.Pd. dan sambutan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi Semarang” yaitu Ibu Dr. Endang Diyah Ikasari, M.Si., Apt.

Rangkaian kegiatan SINAFA 2018 dibagi ke dalam lima sesi penyampaian materi dan pelatihan dengan 5 pembicara dan 4 moderator. Agenda pada sesi pertama adalah penyampaian materi “A Nanoparticle Characterization as Part of Effort to Improve Cosmetic Formulation” oleh Bapak Dr.rer.nat. Ronny Martien, M.Si. dilanjutkan dengan persembahan tari semarangan. Materi kedua dengan judul “Nanoparticle for Skin Delivery System” disampaikan oleh Prof. Dr. Hajjah Bibi Florina Abdullah (Pro Chancellor, Lincoln University College).

Kemudian materi ketiga dengan judul “Embedding New Nanotechnology in Cosmetics inti Society or Nanocosmetics for Skincare” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Rendra Pranadipa T., M.Sc., Apt. dan dilanjutkan dengan ISHOMA serta presentasi oleh pemakalah oral di Ruang Agung.

Materi keempat yang berjudul “How to Care Skin Health with Skincare Cosmetics” disampaikan oleh Ibu dr. Shinta Andi selaku rekan dari pihak Wardah dan diikuti oleh pelatihan pembuatan lipstick pallete.

Materi workshop yang berjudul “Making of Antiaging Nanoemulgel” disampaikan oleh Ibu Dr. Endang Diyah Ikasari, M.Si., Apt. dan diikuti oleh praktek pembuatan masker nanoemulgel peel-off dan nano spray.Acara SINAFA 2018 ini ditutup dengan pembagian doorprize serta pembagian sertifikat pada akhir sesi.

SINAFA 2018 yang kami laksanakan dapat berjalan dengan lancar karena dukungan dari peserta yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini dan para sponsor yang telah mendukung acara diantaranya adalah Wardah, Global Sarana Instrument, Bank Jateng, Penerbit Erlangga, Surya Media Advertising, Bali Tour, Menjangan Sakti, dan Sumber Makmur.

Dengan berakhirnya kegiatan SINAFA 2018 ini diharapkan untuk tahun selanjutnya dapat terlaksanakan kegiatan Seminar dengan tema yang lebih up to date dan lebih baik. Semoga ilmu yang didapatkan dari SINAFA 2018 dapat bermanfaat bagi perkembangan dunia farmasi terutama di bidang pengembangan nanoteknologi dalam kosmetik.

Documentasi

SINAFA 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.