KAMPUNG FARMASI 2019

 KAMPUNG FARMASI 2019

 

Telah terlaksana Kampung Farmasi 2019 yang mengangkat tema “Glow in the Dark” di Kampung Alam Malon, Desa Siroto, Gunungpati. Pada hari pertama, dilaksanakan kegiatan Apoteker Cilik atau biasa di singkat dengan Apcil pada hari Sabtu, 19 Januari 2019. Tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut yaitu memberikan edukasi dan mengenalkan tentang bidang kefarmasian kepada siswa dan siswi kelas 4 & 5 SD Negeri Gunungpati 01 yang disampaikan oleh Bapak Dhimas Adhityasmara, S.Farm., Apt. sehingga mereka dapat mengetahui tentang profesi apoteker serta tugas dari apoteker itu sendiri. Di acara ini diajarkan berbagai kegiatan yaitu seperti cara menggerus, membungkus puyer, memasukkan serbuk ke dalam kapsul dan membuat sediaan sirup. Selain itu diadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh semua siswa.

 

Kegiatan selanjutnya adalah demo pembuatan sabun transparan oleh panitia. Antusiasme warga Desa Siroto pada kegiatan ini sangat memuaskan dengan keingintahuan warga untuk membuat sabun transparan sendiri. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembagian tester hasil pembuatan sabun transparan. Selain kegiatan tersebut, terdapat pula pasar murah yang menjual kebutuhan pokok sembako untuk warga dengan harga yang murah. Kegiatan pasar murah diadakan untuk memberikan apresiasi kepada warga Desa Siroto atas keikutsertaan mereka dalam berjalannya acara Kampung Farmasi tersebut.

 

Pada hari selanjutnya, dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pengobatan gratis pada hari Minggu, 20 Januari 2019. Penyuluhan tentang penyakit degeneratif disampaikan oleh Ibu Ungsari Rizki Eka P., M.Sc., Apt. Pengobatan gratis ini meliputi cek tekanan darah dan konseling serta pemberian obat gratis dari hasil cek tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Ag. Pandega Sandy dan dr. Nana Eulia Sefriani selaku dokter pelaksana serta Ibu Ungsari Rizki Eka P., M.Sc., Apt. dan Ibu Anastasia Setyopuspito P., M.Sc., Apt. selaku apoteker pelaksana. Mari lebih dekat kepada masyarakat dengan mengabdikan diri kita sebagai calon farmasis muda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.