Quality Assurance

Jaminan Mutu (Quality Assurance)

Dalam setiap langkah untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stifar “YAYASAN PHARMASI” Semarang, senantiasa berorientasikan pada mutu yang baik. Berbagai upaya dilaksanakan untuk mewujudkan bahwa institusi Stifar “YAYASAN PHARMASI” Semarang JITU (jelas institusi bermutu).

Upaya yang dilakukan meliputi peningkatan kualitas irput (calon peserta didik), proses pembelajaran, lingkungan pembelajaran clan hasil yang memiliki kcmpetensi yang diperlukan untuk menjaga agar kompetensi hasil proses pembelajaran sesuai dengan harapan dan perkembangan di masyarakat. Untuk itu masukan dari berbagai pihak/ stakeholders merupakan hal yang sangat penting dalam rangka pelaksanaan jaminan !nutu.

Dosen sebagai pengasuh mata kuliah clan kegiatan akademik lainnya, dituntut untuk mempersiapkan pembelajarannya dengan baik. Mata kuliah yang diasuh harus jelas dalam rangka mendukung hasil pembelajaran sehingga peserta didik memiliki kompetensi sesuai dengan yang digariskan kurikulum program studi yang bersangkutan.

Dalam pelaksanan jaminan mutu, peran mahasiswa akan menjadi sangat penting. Sebab mahasiswa menjadi komponen aktif pembelajaran melalui tatap muka terjadwal, tak terprogram, kerja mandiri. Keberhasilan mahasiswa mengikuti proses pembelajaran akan merupakan tolok ukur utama dari keberhasilan proses pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian , mahasiswa perlu memahami seluruh proses pembelajaran dari awal sampai lulus agar dapat mempersiapkan clan melaksanakan perannya baiksebagai mahasiswa yang sedang belajar maupun sebagai bagian dari proses pelaksanaan jaminan mutu akademik.

Secara operasional, mahasiswa dapat mengakses clan memberi informasi pelaksanaan pembelajaran misalanya mengenai substansi, metodologi, media pembelajaran, dan kesempatan pengembangan wawasan.