Unit Pelaksana Teknis (UPT) Komputer

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Komputer
STIFAR “YAYASAN PHARMASI” SEMARANG

  • FUNGSI

 

Unit Pelaksana Teknis Komputer ini diresmikan penggunaannya pada tahun 2002. Unit ini dipimpin oleh seorang Kepala Unit yang secara struktural bertanggungjawab langsung kepada Ketua Sekolah Tinggi.

  1. Tujuan didirikannya UPT Komputer ini antara lain :
    Memberikan pelayanan penggunaan komputer untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi llmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang, bentuk pelayanan tersebut :
    • PENDIDIKAN

Dengan mengelola fasilitas praktikum untuk mata kuliah yang memerlukan sarana  komputer, menyelenggarakan kursus singkat mengenai komputer dalam rangka penyebarluasan pengetahuan komputer dan peningkatan ketrampilan penggunaan komputer di kalangan sivitas akademika.

    • PENELITIAN

Dengan mengelola fasilitas komputer untuk penelitian bagi para peneliti, mengembangkan dan membuat perangkat lunak, dan mengembangkan kemampuan sistem.

    • PENGABDIAN MASYARAKAT

Dengan mengelola fasilitas komputer untuk pelaksanaan tugas pengabdian masyarakat, memberikan penataran/penyuluhan/ konsultasi/ bimbingan dan bantuan pengolahan data atas dasar permintaan. Menerima kunjungan dalam rangka studi banding karyawisata dari instansi swasta.

  1. Memberikan pelayanan penggunaan komputer untuk mendukung sistem administrasi sekolah tinggi, baik administrasi akademik maupun adminstrasi umum, bentuk pelayanan tersebut :
    • Memberikan pelayanan pengolahan data administrasi akademik.
    • Memberikan pelayanan pengolahan data administrasi umum.

 

  • KEGIATAN dan FASILITAS

Kegiatan utama yang dilaksanakan oleh UPT Komputer Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang antara lain :

  1. Penyelenggaraan praktikum bagi para mahasiswa/i STIFAR “YAYASAN PHARMASI” yang mengikuti mata kuliah komputer dilaksanakan setiap semester ganjil dan semester genap dengan materi sebagai berikut :
    • mendesign packing obat menggunakan corel draw dan photoshop.
    • internet
    • Pengenalan hardware komputer
    • Sistem operasi windows
    • Open office (writer, calc, impress)
    • Update antivirus (symantec, avg, avira, bit defender, pcmav, smadav, ansav)
    • Pengoperasian peripheral komputer :
    • Scanner (Memindai gambar  atau text menjadi file)
    • Backup data ke compact disc
    • Mencetak data dengan printer
    1. Penyelenggaran praktikum bagi para siswa Sekolah Menengah “Yayasan Pharmasi” Semarang tingkat operator yang diadakan setiap hari. Materi kursusnya adalah : Pengenalan komputer, Sistem operasi DOS, Sistem Operasi Windows,  MS Word; MS Exel, MSPower Point, Pengoperasian program-program Windows sampai dengan aplikasinya.
    2. Penyelenggaraan Program Kursus komputer bagi mahasiswa/i dengan materi Corel Draw, Adobe Photoshop, Open Office yang dilaksanakan atas permintaan dari peserta. Waktu dan materi khusus akan disesuaikan.

Disamping kegiatan utama di atas, UPT komputer Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang melayani jasa konsultasi, perancangan dan pengembangan sistem dan perangkat lunak baik dalam maupun luar Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang yang telah dikembangkan adalah :

      1. Kartu Rencana Studi / Kartu Hasil Studi dari implementasi SISTEM AKADEMIK TERPADU (SIKADU) yang meliputi pengolahan data Kartu Rencana Studi setiap semester sampai dengan Kartu hasil Studi yang digunakan di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang.
      2. Pustaka yang khusus digunakan untuk pengolahan bahan pustaka, meliputi administrasi peminjaman sampai penelusuran bahan pustaka, di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang.
      3. Kepegawaian, yang dikembangkan secara lengkap hingga sistem informasi mengenai kepegawaian baik pribadi maupun kedinasan di Yayasan Pharmasi Semarang dapat disajikan oleh paket ini.

Pengolahan data berupa layanan pengolahan data: analisis statistik, seleksi mahasiswa / siswa, baru skoring ujian dengan menggunakan scanner dan lain-lain jenis pengolahan data. Saat ini UPT Komputer beroperasi dengan komputer mikro / mini yang jumlahnya 53 unit lebih dan HOTSPOT AREA yang dapat diakses pada gedung C dengan dilengkapi peripheral pendukungnya. Sebagian terkait dalam sistem jaringan lokal (Local Area Network/ LAN).

CBT CENTER