Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan

Lokasi dan Fungsi
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” terdiri dari dua unit, masing-masing adalah :

Perpustakan Unit I berlokasi di Jalan Plamongansari-Pucanggading Km 1 Semarang. Luas lokasi ini adalah ( 10 x 6,4 ) m2.yang dipakai untuk pelayanan referensi, terbitan Pemerintah, karya-karya Ilmiah, kantor, ruang pengadaan, pelayanan terbitan berkala dan pengolahan, clan untuk ruang baca.

Perpustakaan Unit II berlokasi di Jalan Jambe No. 539 Semarang yang dipakai untuk pelayanan peminjaman clan koleksi cadangan serta untuk ruang baca.
Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang yang berfungsi memberikan layanan informasi kepada mahasiswa, dosen dan karyawan sekolah tinggi dalam menjalankan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang ini diresmikan penggunaannya pada tahun 2000. Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang yang berfungsi memberikan pelayanan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang dalam menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UPT Perpustakaan juga merupakan bagian dari sistemjaringan perpustakaan perguruan tinggi.

UPT Perpustakaan dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan program sekolah tinggi melakukan berbagai aktivitas yang meliputi :

1. Pembagian dan Pengembangan koleksi,
2. Pengolahan bahan koleksi,
3. Pelayanan kepada para pemakai koleksi/fasilitas,
4. Pemeliharaan pengawetan koleksi,
5. Penelitian kebutuhan para pemakai koleksi/fasilitas,
6. Publikasi informasi ilmiah,
7. Penyelenggaraan bimbingan pemakai koleksi/fasilitas.

 

Kegiatan dan Fasilitas

Jurnlah koleksi buku sampai pertengahan tahun 2004 sebanyak 1745 judul. Jumlah Laporan Penelitian llmiah sampai pertengahan tahun 2004 adalah sebanyak 399 judul. Sedangkan jumlah koleksi buku seluruhnya sebanyak 3144 judul sampai dengan Juni 2004 sebanyak 2476 eksemplar. Peralatan lain yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan yang sangat membantu dalam proses pelayanan kepada pengguna ialah : komputer dan overhead projector sebanyak 1 unit.
UPT Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang memberikan layanan kepada pengguna, antara lain berupa layanan berikut ;

i. Peminjaman Pustaka : Layan pinjam pustaka diberikan kepada mereka yang memiliki kartu anggota. Bagi yang memiliki kartu baca hanya diperkenankan untuk membaca di tempat atau memfoto copy.
ii. Penelusuran informasi : Layanan ini diberikan kepada pemakai di lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang dan di luar.
iii. Referensi : Layanan ini diberikan dengan menggunakan sarana koleksi referensi yang mencakup karya-karya ilmiah / laporan penelitian, penerbitan pemerintah, ststistik, enksiklopedi, direktori, kamus dan sebagainya.
iv. Silang Layan : Layanan ini diberikan kepada pemakai perpustakaan dari luar dan lingkup Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasi” Semarang. Layanan berupa fotocopy artikel atau dokumen sesuai dengan permintaan.